Skripsi
Aanalisis pengaruh kualitas layanan pada masa pandemi terhadap keputusan berkunjung melalui electronic word of mouth (studi kasus pada tempat wisata di kota batu) / rachman aditya
Abstrak
Kota Batu menjadi salah satu kota pariwisata yang sangat terdampak dengan adanya masa pandemi covid-19 khususnya pada sektor pariwisata dimana pariwisata menjadi salah satu branding dari Kota Batu. Berbagai cara dilakukan mulai dari pemberhentian operasi hingga penurunan target pengunjung dengan beberapa peraturan baru yang menyesuaikan dengan keadaan pandemi covid-19. Banyak hal yang disesuaikan salah satunya adalah dengan memperbaiki kualitas pelayanan mereka. Dengan mengubah kualitas pelayanan tersebut akan membuat masyarakat akan tetap berkunjung ke tempat wisata tersebut meskipun ditengah masa pandemi. Saat masyarakat berbondong-bondong untuk berwisata pastinya pihak pengelola akan memberi pelayanan terbaik untuk menciptakan pengalaman yang berkessan dihati para wisatawan dimana pada akhir kunjungan wisatawan tersebut akan muncul kemungkinan merekomendasikan pengalaman mereka kepada teman/kerabat baik secara langsung ataupun melalui internet. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain penelitian deskriptif dan eksplanatori. Variabel endogen dalam penelitian ini adalah Kualitas Layanan (X) dan variabel eksogen adalah Keputusan Berkunjung (Y). Sedangkan untuk variabel mediasi adalah Electronic Word of Mouth (Z). Populasi yang diambil dalam penelitian ini adalah pengunjung wisata di Kota Batu yang telah berkunjung minimal satu kali kunjungan di masa pandemi covid-19. Sampel yang diambil dalam penelitian ini sebanyak 198 responden yang dihitung menggunakan rumus Daniel Terrel. Kemudian uji kelayakan instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Teknik analisis menggunakan analisis statistik deskriptif analisis PLS (Partial Least Square) dan Uji Sobel. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung 2) Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Electronic Word of Mouth 3) Electronic Word of Mouth berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung dan 4) Kualitas Layanan berpengaruh terhadap Keputusan Berkunjung melalui Electronic Word of Mouth secara positif dan signifikan. Saran dalam penelitian ini lebih memperluas indikator item pertanyaan sehingga bisa mencakup keseluruhan objek penelitian atau bisa lebih memilih objek wisata dengan karakteristik yang sama. Selain itu bagi penelitian selanjutnya untuk lebih memperluas deskripsi responden yang lebih spesifik dan terklasifikasi untuk memberikan data yang lebih akurat.
Tidak tersedia versi lain