Skripsi
Validasi soal tugas terstruktur matakuliah fisika zat padat dan cara pengerjaan mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika Universitas Negeri Malang / An Nuril Maulida Fauziah
Abstrak
Matakuliah Fisika Zat Padat pertama kali disajikan sebagai matakuliah pilihan pada Program Studi Pendidikan Fisika pada semester I 2005/2006 hal ini tidak disertai dengan prestasi belajar yang memuaskan. Hasil angket balikan pada akhir perkuliahan semester I 2005/2006 sebaiknya terdapat tugas terstruktur yang dapat dikerjakan oleh mahasiswa di rumah dan ikut diperhitungkan dalam menentukan nilai akhir. Pemberian tugas terstruktur memberikan peranan penting dalam membelajarkan mahasiswa di luar jam kuliah Fisika Zat Padat terutama untuk peningkatan motivasi dan prestasi belajar.Oleh karena itu pada semester gasal 2006/2007 dikembangkan tugas terstruktur pada matakuliah Fisika Zat Padat. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengukur validitas tugas terstruktur pada matakuliah Fisika Zat Padat (2) mendeskripsikan cara mahasiswa mengerjakan tugas-tugas terstruktur matakuliah Fisika Zat Padat dan (3) menjaring respon mahasiswa terhadap pemberian tugas terstruktur pada matakuliah Fisika Zat padat. Metode penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif kuantitatif dengan pendekatan survei. Penelitian dilakukan terhadap mahasiswa yang mengikuti perkuliahan Fisika Zat Padat pada semester gasal 2006/2007. Sumber data dalam penelitian ini dosen yang bertindak sebagai validator dan mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika yang mengikuti matakuliah Fisika Zat Padat. Data yang diperoleh berupa validasi cara mahasiswa mengerjakan respon mahasiswa terhadap pemberian tugas terstruktur dan data pendukung berupa kata-kata yang diperoleh melalui wawancara tentang cara mahasiswa mengerjakan tugas terstruktur matakuliah Fisika Zat Padat. Hasil penelitian tugas terstruktur matakuliah Fisika Zat Padat memiliki kriteria valid untuk tugas terstruktur 3 dengan 81% kriteria cukup valid untuk tugas terstruktur 1 2 4 5 dan 6 dengan 73% 74% 76% 73% dan 66%. Cara mahasiswa mengerjakan tugas terstruktur 4 mendapatkan persentase tertinggi untuk cara mengerjakan dengan mencontoh yaitu sebesar 18% dari 32 mahasiswa cara mahasiswa mengerjakan tugas terstruktur dengan mengerjakan sendiri tertinggi pada tugas terstruktur 6 yaitu 50% dari 36 mahasiswa dan cara mahasiswa mengerjakan dengan berkelompok tertinggi pada tugas terstruktur 1 memiliki persentase sebesar 31% dari 37 mahasiswa. Respon mahasiswa terhadap pemberian tugas terstruktur adalah positif hal ini sesuai dengan tugas terstruktur 1 mendapat 89% dari 37 mahasiswa tugas terstruktur 2 mendapatkan 81% dari 37 mahasiswa tugas terstruktur 3 mendapat 82% dari 37 mahasiswa tugas terstruktur 4 mendapat 70% dari 32 mahasiswa tugas terstruktur 5 mendapat 90% dari 36 mahasiswa dan tugas terstruktur 6 mendapat 92% dari 31 mahasiswa.