Disertasi
Pengembangan model bimbingan karier untuk pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan siswa tunarungu SMALB-B / Endang Pudjiastuti Sartinah
Abstrak
Disertasi Program Studi Bimbingan Konseling Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. I Wayan Ardhana M.A. (II) Dr. Dany M. Handarini M.A. (III) Prof. Dr. Marthen Pali M.Psi. Kata Kunci bimbingan karier pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan. Hasil observasi lapangan menunjukkan bahwa permasalahan mendasar yang berkaitan dengan pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan pada siswa tunarungu SMALB-B antara lain 1) kurangnya pemahaman diri 2) minimnya pengetahuan dalam lingkungan dunia kerja 3) rendahnya kepercayaan masyarakat dan dunia usaha terhadap potensi dan prestasi siswa tunarungu dalam bekerja 4) implementasi kurikulum bimbingan karier di SMALB-B lebih ditekankan pada keterampilan praktis. Dari hasil pengamatan peneliti belum ada model bimbingan karier yang menekankan pada pemahaman diri siswa tunarungu dan kaitannya dengan pemilihan karier di masa datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model bimbingan karier untuk pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan bagi siswa tunarungu SMALB-B. Prosedur pengembangan dalam penelitian ini mengadaptasi model pengembangan Borg Gall (1983) yang terdiri atas 10 langkah namun dalam penelitian ini hanya menggunakan 6 langkah yaitu 1) penelusuran dan pengumpulan informasi 2) perencanaan 3) pengembangan format produk awal 4) validasi rancangan prototype 5) revisi rancangan produk utama 6) uji lapangan utama (uji skala kecil). Prosedur pengujian akseptabilitas model bimbingan karier ini dilakukan melalui (1) uji ahli Bimbingan Konseling dan ahli Pendidikan Luar Biasa data dari uji ahli dianalisis secara kuantitatif dengan menggunakan statistik deskriptif (2) uji coba lapangan utama atau skala kecil data dari uji lapangan di analisis dengan menggunakan teknik statistik uji Paired Samples T Test. Dari hasil uji ahli menunjukkan bahwa model bimbingan karier untuk pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan bagi siswa tunarungu tepat dan layak serta dapat digunakan dalam memberikan layanan bimbingan karier bagi siswa tunarungu. Sedangkan dari hasil uji lapangan terbatas menunjukkan adanya perubahan tingkat pemahaman diri dan pemahaman karier siswa tunarungu dengan ditunjukkan hasil uji Paired Samples T Test terhadap komponen-komponen pemahaman minat pemahaman abilitas pemahaman kepribadian pemahaman nilai dan sikap pemahaman cita-cita atau pola berpikir individu terhadap pekerjaan pemahaman mengaitkan antara pemahaman diri dengan bidang pekerjaan yang ingin ditekuni. Sehingga dari dua uji akseptabilitas dapat disimpulkan bahwa model bimbingan karier untuk pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan bagi siswa tunarungu SMALB-B telah memenuhi kriteria akseptabilitas yaitu tepat berguna dan layak digunakan dalam mengoptimalkan perubahan pengetahuan dan keterampilan dalam pemahaman diri dan pemahaman pekerjaan pada siswa SMALB-B.
Tidak tersedia versi lain