Skripsi
Teks prosedur kompleks siswa kelas X SMK Nasional Malang tahun pelajaran 2014/2015 / Indah Kristiyaningrum
Abstrak
ABSTRAK Kristiyaningrum Indah. 2015. TeksProsedurKompleksSiswaKelas X SMK Nasional Malang TahunPelajaran 2014/2015.Skripsi JurusanSastra Indonesia FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. Pembimbing (I) Dr. WidodoHs M.Pd. (II) Dr. GatutSusanto M.M M.Pd. Kata kunci teksprosedurkompleks karakteristikteksprosedurkompleks kualitasteksprosedurkompleks Teksprosedurkompleksadalahteks yang memberikanpetunjukuntukmelakukanataumenggunakansesuatudenganlangkah-langkah yang urutdanrinci.Teksprosedurkompleksmemilikikarakteristiktertentu yang membedakannyadenganteks lain. Karakteristiktersebutdapatdilihatdaristrukturisi ciribahasa dantopik.Strukturisiteksprosedurkompleksadatiga yaituparagrafpengantaratauabstrak bahanataualat dantahapanatauprosedur.Ciribahasateksprosedurkompleksadatiga yaitu kata perintah pengurutan dan kata/frasayang menjelasakankondisi.Topikteksprosedurkompleksmerupakanintiutamadarikeseluruhanisiteks yang hendakdisampaikankepadapembaca.Ketigakarakteristiktersebutdapatdigunakanuntukmelihatkualitasteksprosedurkomplekssiswa.Teksprosedurkomplekssiswakelas X SMK Nasional Malang memilikikarakteristik yang beragamantaratekssatudengantekslainnyasehinggakualitasnyajugaberagam.Penelitianinidilakukandengantujuanuntukmendeskripsikankarakteristikteksprosedurkomplekssiswadanmendeskripsikankualitasteksprosedurkomplekssiswa. Penelitianinimenggunakanpendekatandandesainkombinasi (kualitatifdankuantitatif) deskriptif. Data penelitianuntukmenjawabtujuanpertamaberupateksprosedurkomplekssiswakelas X SMK Nasional Malang tahunpelajaran 2014/2015 dan data penelitianuntukmenjawabtujuankeduaberupaskor yang diperolehdaripenilaianmenulisteksprosedurkomplekssiswakelas X MM1 SMK Nasional Malang. Penelitimemberitugaskepadasiswauntukmenulisteksprosedurkompleks.Pengumpulan data dalampenelitianinidibantu guru matapelajaranBahasa Indonesia.Langkah-langkahuntukmenganalisis data padapenelitianiniadadua model analisis data yaituanalisis data kualitatifdananalisis data kuantitatif. Berdasarkanhasilanalisis data diperolehduahasilpenelitiansebagaiberikut.Pertama karakteristikteksprosedurkompleksdilihatdaritopik strukturisi danciribahasa.Pada 26 teksprosedurkomplekssiswaditemukantujuhtopik yaitu (1) menguruskartu (2) membuka program microsoft (3) membuatkerajinantangan (4) membuatmakanan (5) internet (6) mengapresiasikaryasastra dan (7) tips sehat. Pada26 teksprosedurkomplekssiswaditemukanadanyatigastrukturisiteksprosedurkompleks yaituparagrafpengantaratauabstrak bahanataualat dantahapanatauprosedur.Padaparagrafpengantaratauabstrakterdapatenam model yaitu (1) paragrafpengantaratauabstrak yang berupaparagrafpengantar tujuan danajakan (2) paragrafpengantaratauabstrak yang memuattujuan (3) paragrafpengantaratauabstrak yang berupaparagrafpengantardanajakan (4) paragrafpengantaratauabstrak yang berupaparagrafpengantardantujuan (5) paragrafpengantaratauabstrak yang memuattujuandanajakan dan (6) paragrafpengantaratauabstrak yang berupaparagrafpengantarsaja. Padabahanataualatterdapattiga model yaitu (1) menyebutdenganbahan (2) menyebutbahandanalat dan (3) menyebutbahanataualat.Padatahapanatauprosedurterdapattujuh model yaitu (1) langsungmenuliskantahapanatauprosedur (2) menyebutdengantahapanataucarapembuatan (3) menyebutdenganlangkah-langkah (4) menyebutdenganteknik (5) menyebutdengantahapan/prosedur (6) menyebutdengantahapan dan (7) menyebutdengancara. Pada26 teksprosedurkomplekssiswaditemukanadanyatigaciribahasateksprosedurkompleks yaitu (1) kata perintah (2) pengurutan dan (3) kata yang menjelaskankondisi.Pada kata perintahterdapatempat model yaitu (1) menggunakanakhiran lah (2) menggunakanakhiran kan (3) menggunakanakhiran i dan (4) menggunakan kata dasar. Padapengurutanterdapattiga model yaitu (1) menggunakanangka (2) menggunakan kata sambung yang menunjukkanurutan dan (3) menggunakantandahubung.Pada kata yang menjelaskankondisiterdapatdelapan model yaitu (1) diawali kata dengan (2) diawali kata sampai (3) diawali kata secara (4) diawali kata jika (5) diawali kata yang telah (6) diawali kata hingga (7) diawali kata pada dan (8) diawali kata menjadi.Kedua kualitasteksprosedurkompleksdilihatdaritopik strukturisi danciribahasa.Kualitasteksprosedurkomplekssiswadilihatdaritopikmenunjukkanbahwatekssudahberkualitasbaik.Kualitasteksprosedurkomplekssiswadilihatdariaspekstrukturisimenunjukkanbahwatekssudahberkualitasbaik.Kualitasteksprosedurkomplekssiswadilihatdariaspekciribahasamenunjukkanbahwatekssudahberkualitassangatbaik. Saran penelitianadatiga.Pertama bagi guru penelitimenyarankanagar membericontohdanlatihanmenulisteksprosedurkompleksdengantopik yang lebihberagam.Kedua bagisiswa penelitimenyarankan agar siswalebihtelitidalammenulisteksprosedurkomplekssehinggateksprosedurkompleks yang ditulisakanbaikdanbenar.Ketiga bagipeneliti lain yang inginmenelitidengantopik yang samapenelitimenyarankandapatmenggunakanjenispenelitian yang lain misalkanmenggunakanpenelitianpengembangan yaitumengembangkanbahan ajar teksprosedurkompleksdanjikainginmenggunakanpenelitiankualitatifpenelitimenyarankanmenelitiberdasarkankesalahanejaan kesalahantandabaca maupunkesalahankalimatdalamteksprosedurkompleks.