Tesis
Analisis semantis kamus besar bahasa Indonesia / oleh Wahyu Sukartiningsih
Abstrak
ABSTRAK Sukartiningsih Wahyu. 1999. Analisis Seman tis Kamus Besar Bahasa Indonesia. Tesis Program Studi Pendidikan Bahasa Indonesia Program Pascasarjana IKIP Malang. Pembim-bing (I) Dr. Abdul Wahab M.A. (II) Dr. H. Suparno. Kata-kata kunci analisis semantis kamus entri leksikal bahasa Indonesia Penelitian ini dilakukan bertolak dari kenyataan bahwa makna sa-ng-at esensial dalam kegiatan komunikasi untuk memperoleh pemahaman antarpelaku komunikasi. Kegiatan komunikasi dilakukan dengan meng-gunakan simbol-simbol bahasa yang melalui interpretasi yang dilakukan pelaku komunikasi diperoleh makna komunikasi. Dalam kegiatan komu-nikasi komponen semantis adalah komponen yang sangat penting dalam penyusunan pesan karena kompetensi linguistik pada dasarnya menca-kup kompetensi semantik agar kompetensi komunikatif dapat di-wujudkan. Esensi makna kata secara umum termuat dalam kamus. Karnus standar dalam bahasa Indonesia (selanjutnya disingkat BI) yang juga merupakan salah satu produk pemerian BI ad_al.ah Kamus Besar Bahasa. Indonesia (selanjutnya disingkat KBBI). Sebagai salah satu produk peme-rian BI di.harapkan KBBI dapat selalu disempurnakan agar terwujud se-bagai kamus yang kuat dan berterima. Sehubungan dengan perian makna kata dalam KBBI penelitian ini bertujuan untuk memerikan (1) perian makna kata dalam KBBI ber-dasarkan bentuk umum kaidah l.eksikal dan (2) perian makna kata dalam KBBI berdasarkan sifat-sifat kaidah leksikal. Tujuan pertama selanjut-nya dirinci menjadi tujuan khusus yaitu untuk memerikan (1) derivasi morfologis (2) konversi dan (3) perpindahan semantis entri leksikal (selan-jutnya disingkat EL) dalam KBBI. Adapun tujuan kedua dijabarkan men-jadi tujuan khusus untuk memerikan (1) keberagaman (2) ketuntasan (3) sifat rekursif (4) sifat bidireksional. dan (5) petrifika.si EL d.alam KBBI. Secara teoretis penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfa-at berupa penjelasan aplikatif terhadap prinsip-prinsip teoretis lsquo .Tang telah dikembangkan dalam penyusunan kamus. Sedangkan secara praktis pe-nelitian i.ni. diharapkan dapat memberikan manfaat berupa masukan ha-gi usaha penyempurnaan KEBI clan (2) sebagai Kahan rnasukan bagi peng-ajaran makna kata berdasarkan kamus. Penelitian ini_ menggunakan pendekatan kualitatif. Ad_apun rancang-an penelitian yang digunakan adalah rancangan analisis dokumenter kare-na sum.ber data penelitian berupa dokumen yaitu KBBI. Data penelitian ini adalah EL yang berawal huruf M dan berjenis kata verba. Dan objek penelitian i.ni adalah bentuk dan makna EL yang berinisial awal M dan berjenis kata verba. Peneliti adalah instrumen kunci dalam penelitian ini. Dalam kaitan ini pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik menyimak seiektif. Selain itu teknik yang digunakan dalam pengumpulan data ada-lah teknik pencatatan dokumenter. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi kare-na substansi analisis berupa upaya untuk menguak EL dalam eksplanasi secara kategoris. Ad.apun kategori-kategori yang dipakai adalah kategori bentuk umum dan sifat-sifat kaidah leksikal. Dari hasil analisis data dapat dibuktikan bahwa bentuk dan perian makna EL dalam KBBI secara umum sudah berdasarkan bentuk umum dan sifat-sifat kaidah leksikal. Namun dari hasil analisis data juga dipe-roleh temuan-temuan berupa bentukan-bentukan turunan dalam BI yang tidak termasuk dalam empat kelompok proses derivasi. morfol.ogis. Di cam-ping itu dalam BI ditemukan bent-ukan-bentukan yang tidak dapat dike-tahui struktur semantisnya sebelum bergabung dengan morfem terikat. Te-tuan lain adalah dalam KBBI terdapat bentukan-bentukan yang makna leksikalnya tidak sesuai dengan maknanya dalam kalimat contoh (tidak logis). Berdasarkan hasil dan temuan penelitian d.apat disimpulkan bahwa (1) secara umum KBBI telah memenubi bentuk umum dan sifat-sifat kai-dah leksikal (2) masih ditemukan bentuk dan perian EL yang belum men-cerminkan bentuk umum dan sifat-sifat kaidah leksikal. Olehmkarena itu disarankan kepada (1) penyusun kamus agar mel.akukan penyempurnaan-i penyempurnaan perian makna kata dalam KBBI dengan harapan freku-ensi kekurangsesuaian dengan kaidah leksikal tersebut dapat diperkecil (2) para guru untuk melatih siswa memahami makna pesan yang diucap-kan orang lain d_an menggunakan kosa kata yang mencerminkan pesan yang hendak dikemukakan kepada orang lain dengan menggunakan ber-bagai cara yang salah satu di antaranya adalah menggunakan kamus dan memahami maknanya sesuai dengan komponen-komponen dan ciri-ciri makna tersebut.
Tidak tersedia versi lain