Skripsi
Model proses pembelajaran sosiologi pada pendidikan kesetaraan paket C mahir 2 berdasarkan prinsip andragogi / Widya Nusantara
Abstrak
ABSTRAK Nusantara Widya. 2009. Model Program dan Proses Pembelajaran Sosiologi pada Pendidikan Kesetaraan paket C Mahir 2 berdasarkan Prinsip Andragogi. Skripsi. Jurusan Pendidikan Luar Sekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sanapiah Faisal (II) Dr. Endang Sri Redjeki MS. Kata kunci warga belajar andragogi pengalaman Mata Pelajaran sosiologi merupakan mata pelajaran yang mempelajari bagaimana cara mengungkapkan realitas sosial yang ada dalam masyarakat dengan prosedur dan teori yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah. Selama ini ditemukan bahwa proses pembelajaran sosiologi belum sesuai dengan prinsip andragogi mengingat Warga belajar merupakan komponen dari masyarakat yang telah banyak memiliki peran sosial pengalaman dan mengalami berbagai macam persoalan hidup di tengah-tengah masyarakat. Oleh karena itu dalam proses pembelajaran Sosiologi kepada warga belajar paket C perlu ditekankan pada proses hadap masalah. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti bertindak sebagai tutor merencanakan tindakan pembelajaran dengan menggunakan metode participatory experience learning. proses pembelajaran tersebut bertujuan untuk merancang sebuah proses pembelajaran sosiologi paket C yang Andragogis. Sehingga proses belajar menjadi asyik menyenangkan demokratis dan menjawab kebutuhan warga belajar itu sendiri.. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan menggunakan rancangan tindakan kelas (action research). Penelitian ini dilaksanakan dua siklus. Lokasi penelitian yang dipilih sebagai ajang penelitian tindakan ini adalah Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Prof. M. Soedomo Jalan Raya Krajan no 30 desa Kucur kecamatan Dau kabupaten Malang pada bulan Mei - Juli 2009. Warga belajar yang dilibatkan sebanyak 10 orang dengan rentangan usia antara 25-45 tahun. Hasil penelitian tindakan yang telah dilakukan bahwa penggunaan participatory experiential learning dalam pembelajaran andragogis pada warga belajar Paket C pelajaran sosiologi di PKBM Prof M. Soedomo sangat mendorong peningkatan partisipasi dan kesadaran dalam belajar sehingga dapat lebih mudah memahami inti materi yang sedang di dalami serta dapat meningkatkan kemampuan warga belajar dalam memecahkan permasalahan di kehidupan sehari-hari Berdasarkan hasil penelitian tersebut peneliti lain disarankan untuk mengadakan pengembangan lebih lanjut terhadap penelitian ini dan menerapkan penggunaan metode participatory experiential learning pada mata pelajaran lain.
Tidak tersedia versi lain